Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemecahan Soal cerita Matematika Kelas V SD Negeri Kotagede III

Lamas, Eryand and Mardati, Asih (2020) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemecahan Soal cerita Matematika Kelas V SD Negeri Kotagede III. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Peer Review Artikel Funda Juli Pengaruh Discovery Learning.pdf] Text
Peer Review Artikel Funda Juli Pengaruh Discovery Learning.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model discovery learningpada pemecahan soal cerita Matematika; 2) mengetahui pengaruh model discovery learning terhadapsoal cerita Matematika.Jenis penelitian ini adalaheksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental. Menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Instrument yang digunakan adalah soal pretestdan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok kelompok eksperimen dan kelasVB sebagai kelompok kontrol SD Negeri Kotagede III. Teknik analisis data menggunakanuji independent t-testBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, menunjukan bahwa model discovery learning dengan menggunakan uji independent t-testkelas eksperimen memperoleh hasil signifikansi 0,000˂0,05 maka Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretestdan posttestpada kelas eksperimen. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap pemecahan soal cerita Matematika.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Asih Mardati
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:48
Last Modified: 08 Mar 2022 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33198

Actions (login required)

View Item View Item