PEMANFAATAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS

Caraka, Putra Bhakti and Muhammad, Alfarizqi Nizamuddin Ghiffari (2016) PEMANFAATAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS. Prosiding seminar nasional jurusan BK UNESA. pp. 78-85.

[thumbnail of Prosiding_Experiental Learning_Caraka UNESA.pdf] Text
Prosiding_Experiental Learning_Caraka UNESA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Situasi dan kondisi kehidupan di abad 21 semakin kompleks dan menuntut segenap keterampilan khusus. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis (critical thinking skliss). Critical thinking skills berkaitan dengan kemampuan berpikir secara logis, beralasan, kreatif fan reflektif dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai atau dilakukan. Keterampilan ini dapat dikembangkan melalui layanan bimbingan kelompok sebagai sebuah layanan psiko-edukatif. Dimana layanan bimbingan kelompok merupakan suatu layanan bimbingan yang diberikan kepada siswa secara bersama – sama atau kelompok agar kelompok itu menjadi kuat dan mandiri dengan teknik tertentu.
Kata kunci: bimbingan kelompok, experiential learning, critical thinking skill

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Caraka Putra Bhakti
Date Deposited: 12 Aug 2016 04:02
Last Modified: 12 Aug 2016 04:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item