Plagiarism "Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas II SD"

Purwaningtyas, Alyshia Herny and Mardati, Asih (2020) Plagiarism "Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas II SD". [Artikel Dosen]

[thumbnail of Hasil Cek Plagiat Pengembangan Media Katar.pdf] Text
Hasil Cek Plagiat Pengembangan Media Katar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan kualitas media kartu pintar (KATAR) pada mata pelajaran Matematika materi perkalian bagi siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap, yaitu: analyze, design, develop, implement, evaluate. Subjek uji cobapada penelitian ini adalah 19 siswa kelas II dan guru di SD N Sidomulyo 1 Salaman. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu pintar (KATAR) layak digunakan dengan skor 95 (Baik) dari validator ahli media, 45 (Baik) dari validator ahli materi, 43 (Sangat Baik) dari validator ahli pembelajaran. Hasil respon siswa pada uji coba skala kecil mendapatkan skor 60 dengan presentase 100 (Sangat Baik) dan pada uji coba skala besar mendapatkan skor 130 dengan presentase 100 (Sangat Baik). Siswa memberikan respon bahwa belajar menggunakan media kartu pintar (KATAR) menyenangkan serta dapat belajar sambil bermain dan materi yang dipelajari mudah dipahami.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Asih Mardati
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:21
Last Modified: 10 Mar 2022 05:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33354

Actions (login required)

View Item View Item