Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENGGUNAAN PERMAINAN THROWING SUDOKU UNTUK PENGENALAN KONSEP BILANGAN

Zulaihah, Anita and Mardati, Asih (2016) PENGGUNAAN PERMAINAN THROWING SUDOKU UNTUK PENGENALAN KONSEP BILANGAN. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 190-194. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[img]
Preview
Text
Anita, Asih Mardati_UAD2.pdf

Download (988kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang penting diajarkan kepada siswa, kar- ena pada jenjang selanjutnya matematika akan terus dipelajari hingga perguruan tinggi. Pen- genalan konsep bilangan siswa perlu dipupuk dan dilatih dengan berbagai teknik agar tertanam dalam pola berpikir anak sehingga nantinya dalam mempelajari matematika tidak ada kendala dalam kemampuan berhitung. Permainan throwing sudoku dapat digunakan sebagai alternatif penerapan pembelajaran matematika yang menyenangkan terutama untuk siswa kelas rendah di sekolah dasar. Kelebihan permainan throwing sodoku adalah untuk melatih mengembangkan cara berpikir, bernalar yang benar sesuai logika, serta melatih otak. Melalui permainan throwing su- doku dapat menjadi bekal awal kemampuan siswa dalam mengenal konsep bilangan yang meny- enangkan. Dengan menerapkan permainan throwing sudoku diharapkan siswa dapat memperoleh pengetahuan sendiri dengan mencoba sendiri pengenalan konsep bilangan. Mengenalkan bilangan kepada siswa kelas rendah akan mudah dipahami apabila diajarkan secara konkret. Kata kunci: Permainan throwing sodoku, Pemahaman konsep bilangan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 23 Aug 2016 04:30
Last Modified: 23 Aug 2016 04:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.