KKN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 Laporan Akhir Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Karangbale 04 Ayu Natashya Putri Maezhati DIVISI II.C.3 Tahun Akademik 2020/2021

Putri Maezhati, Ayu Natashya (2021) KKN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 Laporan Akhir Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD Negeri Karangbale 04 Ayu Natashya Putri Maezhati DIVISI II.C.3 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.C.3_REGULER84.pdf] Text
JUDUL_II.C.3_REGULER84.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.C3_REGULER84.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.C3_REGULER84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adanya wabah baru yang terjadi di Negara China pada tahun 2019 sangatlah menggemparkan seluruh masyarakat yang ada di berbagai dunia, pandemi ini diberi nama COVID-19. Virus tersebut dianggap sebagai wabah global karena penyebaran wabah yang sangat cepat ke negara – negara lain termasuk Indonesia dan menimbulkan dampak yang sangat luar biasa. Di Indonesia sendiri sudah banyak memakan korban sehingga pemerintah perlahan menutup segala bentuk tempat public yang berpotensi meningkatkan penyebaran virus tersebut. Salah satunya pada bidang Pendidikan. Seperti yang sudah diketahui bahwa Pendidikan sangatlah penting, apalagi untuk generasi – generasi kedepan bangsa karena merupakan aset negara yang sangat berharga. Jika Pendidikan masyarakatnya bagus dan berkualitas maka sumber daya manusia suatu bangsa dapat ditingkatkan karena memang Pendidikan merupakan suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia.
Situasi yang seperti ini mendorong Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus berupaya pembelajaran di Indonesia dapat berjalan dengan maksimal meskipun melalui pembelajaran daring. Oleh karena itu, Kemendikbud mengadakan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 yang diikuti oleh para mahasiswa s1. Program ini dilaksanakan selama 3 bulan dan bertujuan untuk membantu guru dalam pembelajaran berbasis literasi dan numerasi, administrasi, dan pengembangan teknologi di sekolah dasar yang terdampak pandemic dengan memperdayakan para mahasiswa yang berdomisili disekitar wilayah sekolah tersebut. Bapak Nadiem Makariem mengatakan “Program pengajaran kampus adalah program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menantang mahasiswa untuk berkolaborasi dengan sekolah dasar di pelosok tanah air dengan regional 3T kategori dan terakreditasi C”
SD Negeri Karangbale 04 merupakan salah satu sekolah yang dipilih untuk menyelesaikan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 yang peserta mahasiswanya berasal dari berbagai universitas. Program ini dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2021 sampai tanggal 25 Juni 2021. Tentunya dengan adanya mahasiswa KM di SD tersebut diharapkan pihak sekolah merasa terbantu dengan program kerja yang telah dirancang selama mengikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 1.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: Ayu Natashya Putri Maezhati
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:05
Last Modified: 04 Apr 2022 03:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34129

Actions (login required)

View Item View Item