Analisis Potensi Cemaran Mikroba Pada Beberapa Peralatan Produksi PT PIS Dengan Metode Swab

Khairi, Amalya Nurul and Nugroho, Wahyu (2021) Analisis Potensi Cemaran Mikroba Pada Beberapa Peralatan Produksi PT PIS Dengan Metode Swab. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Hasil Cek] Text (Hasil Cek)
HASIL CEK_JIPHP-Amalya-Wahyu.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Peer Review Penulis Pertama] Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Khairi - E coli Coliform Hygiene Swab TPC.pdf

Download (740kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi awal dan uji pendahuluan terhadap 5 sampel alat pengolah produk tamarind powder, yang terdiri dari mesin giling, mesin ayak, mesin mixing, kain penampung hasil giling, dan sarung tangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat cemaran biologis peralatan yang digunakan untuk produksi tamarind powder di PT PIS serta mengetahui gambaran studi deskriptif karakteristik higiene dan sanitasi alat pengolah tamarind powder. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif berdasar jumlah cemaran yang ditemukan pada peralatan produksi. Total sampling berjumlah 5 peralatan. Instrumen yang digunakan yaitu uji laboratorium usap alat dengan parameter analisis Total Plate Count (TPC), Coliform, dan Escherichia coli didapatkan hasil besar pencemaran TPC pada sampel mesin giling (TBUD), mesin ayak (83,6 col/cm2), mesin mixing (9,4 col/cm2), kain penampung hasil gilingan (3 col/cm2), dan sarung tangan (4,4 col/cm2). Untuk parameter cemaran Coliform mesin giling (0,6), mesin ayak (14 col/cm2), mesin mixing (1,4 col/cm2), kain penampung hasil gilingan (2,6 col/cm2), dan sarung tangan (8,6 col/cm2). Sedangkan untuk parameter cemaran bakteri Escherichia coli pada semua sampel yang diuji tidak ditemukan cemaran bakteri Escherichia coli (semua negatif). Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa tingkat cemaran yang diperoleh masih dibawah batas ketetapan jumlah cemaran maksimal yang ditetapkan pemerintah dalam BPOM RI No HK00.06.1.52.4011. Hal ini menunjukkan bahwa PT PIS menjaga hygiene dengan baik.

Item Type: Artikel Dosen
Additional Information: E.coli; Colyform; Hygiene; Swab; TPC;
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: M.Sc Amalya Khairi
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:15
Last Modified: 13 Apr 2022 03:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item