EKOLOGI KUANTITATIF; Metode Sampling dan Analisis Data Lapangan

Utami, Inggita and Putra, Ichsan (2020) EKOLOGI KUANTITATIF; Metode Sampling dan Analisis Data Lapangan. [Teaching Resource]

[thumbnail of Buku Ajar Ekologi Kuantitatif] Text (Buku Ajar Ekologi Kuantitatif)
Utami Putra - Ekologi Kuantitatif Metode Sampling dan Analisis Data Lapangan.pdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ekologi sebagai cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari seluruh komponen yang ada di dalam ekosistem memiliki spesifikasi bidang seperti halnya ekologi kuantitatif. Ekologi kuantitatif merupakan bidang ilmu ekologi yang membahas metode atau teknik yang digunakan untuk pengukuran komponen-komponen dalam ekologi serta analisis pengolahan datanya. Materi yang disampaikan dalam buku ini terdiri dari dua belas bab yang berkaitan dengan metode sampling atau pengambilan data beserta analisis daya yang diperoleh. Materi pertama akan membahas pengantar ekologi kuantitatif dan materi kedua akan membahas metode pengambilan data abiotik beserta pengenalan alat-alat ukurnya. Materi ketiga hingga ketujuh akan membahas analisis vegetasi pada ekosistem terestrial dari pembuatan plot, penentuan metode sampling, teknik pengawetan sampel vegetasi, pembuatan diagram profil untuk analisis stratifikasi bentuk hidup pohon, penghitungan estimasi cadangan karbon, dan analisis statistik data penelitian. Pertemuan kedelapan hingga keduabelas akan membahas pengukuran keanekaragaman hayati, perhitungan estimasi populasi dengan metode Capture Mark Release Recapture (CMRR), pengawetan dan identifikasi spesimen hewan, tabel kehidupan, manajemen data dan R statistik.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SD Forestry
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Biology (S1-Biologi)
Depositing User: M.Sc. Inggita Utami
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:58
Last Modified: 13 Apr 2022 03:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34284

Actions (login required)

View Item View Item