PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM PANDANGAN MAHASISWA

Ma’rifah, Destri Ratna and Purbosari, Purwanti Pratiwi (2020) PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM PANDANGAN MAHASISWA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9 (1). pp. 6-11. ISSN 2252-7893

[thumbnail of hasil cek plagiasi] Text (hasil cek plagiasi)
5. hasil cek plagiasi jurnal ppg inkuiri.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[thumbnail of hasil peer review artikel] Text (hasil peer review artikel)
5. jurnal ppg inkuiri.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Program kebijakan pemerintah terkait dengan profesionalitas guru saat ini tengah digalakkan melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Dalam kurun waktu pelaksanaan PPG tersebut, belum diketahui secara jelas terkait pandangan mahasiswa yang saat ini berkuliah di program studi kependidikan, terutama pendidikan biologi FKIP UAD, terkait program PPG. Pengetahuan akan persepsi mahasiswa diharapkan dapat menjadi salah satu informasi yang berguna bagi keselarasan antara program studi kependidikan dengan program PPG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa angkatan 2015 yang merupakan mahasiswa semester VIII) Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD terkait dengan program PPG. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Data dikumpulkan
melalui angket terbuka dan wawancara kepada responden. Responden dalam penelitian ini sebanyak 42 mahasiswa angkatan 2015 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD yang dipilih secara acak. Dari penelitian ini diketahui bahwa 100% mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2015 mengetahui adanya program PPG. 93% mahasiswa mengetahui informasi tentang PPG saat mereka duduk di bangku kuliah, sedangkan 7% mengetahui saat masih di bangku SMA. Mahasiswa mengetahui adanya program PPG ini dari beberapa sumber.
Pengetahuan mahasiswa angkatan 2015 terkait sasaran, manfaat, dan pelaksanaan program PPG bervariasi.
71,43% mahasiswa mengaku tertarik untuk mengikuti program PPG, sedangkan 28,57% tidak tertarik. Mahasiswa yang tidak berminat untuk mengikuti PPG menyampaikan alasan bahwa mereka lebih memilih untuk langsung melanjutkan ke jenjang S2 atau langsung bekerja. Alasan lain adalah lantaraan merasa belum diwajibkan untuk mengikuti program PPG, serta adapula yang dikarenakan belum ingin menjadi guru. Terkait saran mahasiswa terhadap pelaksanaan program PPG cukup bervariasi.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: SDM Univesitas Ahmad Dahlan
Depositing User: Purwanti Purbosari
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:42
Last Modified: 14 Apr 2022 02:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34350

Actions (login required)

View Item View Item