New Peer Rev_Dinamika Peran Penilaian Diri dalam Meningkatkan Employability Siswa SMK

Tentama, Fatwa (2021) New Peer Rev_Dinamika Peran Penilaian Diri dalam Meningkatkan Employability Siswa SMK. Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan.

[thumbnail of Peer Rev_ Dinamika Peran Penilaian.pdf] Text
Peer Rev_ Dinamika Peran Penilaian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Employability merupakan bagian penting yang harus dimiliki setiap individu dalam memasuki dunia kerja, karena employability mempengaruhi perilaku atau usaha individu dalam mencari pekerjaan, kualitas pekerjaan yang dipilih, dan hasil pencarian kerja. Penelitian ini bertujuan menyelidiki apakah penilaian diri mampu memprediksi tingkat
employability siswa. Peneliti memilih siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro sebagai subjek penelitian (N=433) dengan kriteria telah melaksanakan praktek kerja industry. Sampel penelitian berjumlah 168 siswa yang terdiri dari siswa kelas TSM D, TKR, C, TKR D, MM A, RPL, dan TPHP. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan teknik cluster sampling. Skala model likert sebagai instrumen utama dalam mempreroleh data emprik. Untuk menjawab hipotesis peneliti menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS V.23. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penilaian diri memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap tinggi rendahnya employability (p<0,000). Temuan ini memberi bukti bahwa penilaian diri sebagai faktor internal cukup mampu dalam meningkatkan employability. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor internal adalah salah satu faktor penting dalam memprediksi employability siswa SMK.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si.
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:42
Last Modified: 16 Apr 2022 02:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34439

Actions (login required)

View Item View Item