CEK SIMILARITY_VALIDITAS DAN RELIABILITAS SKALA EFIKASI DIRI PADA GURU SMK DENGAN PEMODELAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)

Tentama, Fatwa (2021) CEK SIMILARITY_VALIDITAS DAN RELIABILITAS SKALA EFIKASI DIRI PADA GURU SMK DENGAN PEMODELAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM). Universitas Negeri Jakarta, Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi.

[thumbnail of plagiasi - VALIDITAS_DAN_RELIABILITAS_SKALA_EFIKASI_DIRI_PADA.pdf] Text
plagiasi - VALIDITAS_DAN_RELIABILITAS_SKALA_EFIKASI_DIRI_PADA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang efikasi diri pada guru SMK sedang hangat dibicarakan, terutama di masa pandemi ini. Adapun untuk mengetahui tinggi rendahnya efikasi diri guru SMK diperlukan alat ukur yang valid dan reliabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan skala efikasi diri guru SMK menggunakan pemodelan SEM berdasarkan
teori Bandura. Dimensi efikasi diri yang dijadikan acuan dalam pembuatan alat ukur terdiri dari level, strength, dan generality. Penelitian dilakukan pada 100 guru SMK di Kabupaten Sleman. Alat ukur disusun menggunakan model likert. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan pendekatan confirmatory factor analysis (CFA) dengan bantuan software PLS 3.29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ukur efikasi diri guru SMK dinyatakan valid dan reliabel karena semua item dari dimensi mampu mencerminkan 110 konstruk yang terbentuk. Alat ukur ini juga dinyatakan valid dan reliabel dimana terdapat 12 item yang gugur dari 30 item yang diajukan.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si.
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:44
Last Modified: 21 Apr 2022 04:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34626

Actions (login required)

View Item View Item