CEK SIMILARITY_ PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP EMPLOYABILITY PADA GURU SMK MUHAMMADIYAH DALAM KRISIS COVID 19

Tentama, Fatwa (2021) CEK SIMILARITY_ PENGARUH PENGALAMAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP EMPLOYABILITY PADA GURU SMK MUHAMMADIYAH DALAM KRISIS COVID 19. Universitas Muhammadiyah Lampung, Psyche: Jurnal Psikologi.

[thumbnail of 2 Pengaruh_pengalaman_kerja__kepuasan_kerja_dan_duku.pdf] Text
2 Pengaruh_pengalaman_kerja__kepuasan_kerja_dan_duku.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial terhadap employability pada guru SMK Muhammadiyah dalam krisis COVID 19. Subjek penelitian adalah guru SMK Muhammadiyah Moyudan, Sleman, Yogyakarta (N=80). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala likert dan semantik diferensial sebagai alat pengumpulan data. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan proses analisis, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial terhadap employability dengan nilai (p<0,01). Analisis pada hipotesis minor juga diperoleh hasil yaitu pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial masing-masing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap employability dengan nilai (p<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa pengalaman kerja, kepuasan kerja dan dukungan sosial memiliki kontribusi dalam memengaruhi employability pada guru SMK Muhammadiyah dalam krisis COVID 19 dan kepuasan kerja menjadi faktor yang paling dominan memengaruhi employability.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si.
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:24
Last Modified: 21 Apr 2022 05:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34635

Actions (login required)

View Item View Item