Peer_Review_Amarto-(Damaged-Road-Detector):-Purwarupa-Sistem-Deteksi-dan-Analisator-Kerusakan-Jalan-Raya-Kota-Yogyakarta-Berbasis-Citra-Digital-dan-GPS_Jurnal_Jarlit

Rosyady, Phisca Aditya and Rahani, Faisal Fajri and Baswara, Ahmad Raditya Cahya (2021) Peer_Review_Amarto-(Damaged-Road-Detector):-Purwarupa-Sistem-Deteksi-dan-Analisator-Kerusakan-Jalan-Raya-Kota-Yogyakarta-Berbasis-Citra-Digital-dan-GPS_Jurnal_Jarlit. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta.

[thumbnail of Lembar Peer Review 03 (Merger) Amarto (sdh ttd) - Raditya 2022.pdf] Text
Lembar Peer Review 03 (Merger) Amarto (sdh ttd) - Raditya 2022.pdf

Download (866kB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu aspek penunjang kehidupan bermasyarakat. Namun terkadang jalan raya tidak selalu dalam kondisi baik, terdapat beberapa jenis kerusakan jalan seperti lubang, retak, jalan tidak rata dan kerusakan-kerusakan lain yang dapat menyebabkan pengguna jalan terganggu. Untuk itu berdasarkan undang-undang nomor 22 tahun 2009, dimana pemerintah bertanggung jawab dalam melakukan perbaikan jalan, maka setiap adanya kerusakan yang terjadi pada suatu jalan raya, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk segera memperbaikinya. Permasalahan yang ada adalah proses deteksi dan pengecekan kerusakan jalan oleh Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemkot Yogyakarta masih berjalan secara manual.
Penelitian ini akan membuat solusi pemanfaatan teknologi dalam hal pendeteksi, klasifikasi, analisis dan pencatatan data kerusakan jalan raya, agar proses perbaikan jalan raya dapat dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien. Metode penelitian ini adalah Research and Development yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk atau sistem yang diteliti. Pendeteksian kerusakan lubang jalan raya ini digunakan sensor HC-SR04 dan Modul GPS GYNEO6MV2, sedangkan untuk analisis beban kerusakan lubang jalan tersebut digunakan pengolahan citra dengan input kamera Webcam Logitech dan kedalaman menggunakan sensor HC-SR04. Pemrosesan utama menggunakan Raspberry Pi 4 dan sistem juga berbasis Internet of Things dengan ThinkSpeak.
Dalam penelitian ini telah terbuat purwarupa deteksi kerusakan lubang jalan berbasis citra digital dan GPS. Sistem ini mampu menganalisa dan menghitung luas jalan berlubang dengan tingkat error 0.358% - 4.19%, namun nilai parameter lower, upper HSV, gaussian blur kernel, aplha, beta pada fungsi masih beragam. Program yang berperan penting dalam proses pendeteksian jalan berlubang adalah equalizer histogram. Berdasarkan pengujian sensor jarak HC-SR04 dalam penelitian ini adalah ping sensor didapatkan bahwa untuk kedalaman lubang dengan pengukuran metode tidak bergerak maka didapatkan hasil error sebesar lebih kecil yaitu 1,66 % dan deteksi GPS dengan rata-rata selisih Latitude 0.0006144 dan Longitude 0.0000396. Implementasi IoT berbasis Thinkspeak sudah bisa dimanfaatkan sehingga monitoring bisa dipantau melalui web dan aplikasi android. Luaran penelitian ini berupa paper di Jurnal Nasional dan Hak Cipta.
Kata Kunci : Lubang Jalan, Pengolahan Citra, GPS, Internet of Things

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: S.T.,M.Eng Ahmad Raditya Cahya Baswara
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:20
Last Modified: 27 Apr 2022 02:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34810

Actions (login required)

View Item View Item