Penguatan nilai integritas melalui hizbul wathan di SD Muhammadiyah Karangturi Bantul

Suyitno, Suyitno (2021) Penguatan nilai integritas melalui hizbul wathan di SD Muhammadiyah Karangturi Bantul. In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of Prosiding Penguatan nilai integritas melalui hizbul wathan.pdf] Text
Prosiding Penguatan nilai integritas melalui hizbul wathan.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Hasil Review Sejawat Prosiding Penguatan Integritas melalui HW.pdf] Text
Hasil Review Sejawat Prosiding Penguatan Integritas melalui HW.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of HASIL CEK_Suyitno, Dewi_Nilai integritas_ hizbul wathan_ Sekolah Dasar.pdf] Text
HASIL CEK_Suyitno, Dewi_Nilai integritas_ hizbul wathan_ Sekolah Dasar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan hizbul wathan yang ada di sekolah merupakan salah satu jembatan untuk mengembangkan potensi peserta didik sekaligus mengasah sejauh mana perkembangan karakter yang dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan Hizbul Wathan yang mempengaruhi nilai integritas karakter tanggung jawab pada peserta didik. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor penguatan pendidikan karakter nilai integritas yang terfokus pada nilai tanggung jawab pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian kepala sekolah, pembina hizbul wathan, peserta didik dan orang tua. Pengumpulan data melalui Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan Pendidikan karakter nilai integritas terhadap sikap tanggung jawab ada dua yaitu Faktor yang mempengaruhi meliputi melaksanakan tugas individu dengan baik, menerima resiko dari tindakan yang dilakukan, mengembalikan barang yang dipinjam, mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, menepati janji, tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan tindakan kita sendiri, melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta dan Bentuk kegiatan yang mendukung yaitu keteladanan dan pembiasan.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd Suyitno -
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:53
Last Modified: 09 May 2022 06:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/34828

Actions (login required)

View Item View Item