Sistem Informasi Presensi Menggunakan Sidik Jari ( studi Kasus Presensi Perkuliahan PS Sistem Informasi FMIPA UAD )

karto, suprihatin and nurhantara, andi (2011) Sistem Informasi Presensi Menggunakan Sidik Jari ( studi Kasus Presensi Perkuliahan PS Sistem Informasi FMIPA UAD ). [Artikel Dosen]

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of makalah11.jpg] Text
makalah11.jpg

Download (11MB)
[thumbnail of HASIL CEK2_Makalah 11.pdf] Text
HASIL CEK2_Makalah 11.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of CoverMak11.pdf] Text
CoverMak11.pdf

Download (288kB)

Abstract

. Sistem perkuliahan dapat berjalan dengan baik, jika pencatatan kehadiran mahasiswa yang efektif dan efisien. Pencatatan kehadiran mahasiwa di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta digunakan sebagai syarat untuk mengikuti UAS (Ujian Akhir Semester) yaitu minimal 75% mahasiswa harus menghadiri perkuliahan. Pencatatan kehadiran mahasiswa juga digunakan sebagai catatan bahwa mahasiswa mengikuti perkuliahan serta dapat digunakan sebagai bahan pembanding prestasi mahasiswa. Sistem pencatatan kehadiran mahasiswa yang digunakan saat ini dengan diberi lembaran untuk ditandatangani setiap mahasiswa mengikuti perkuliahan kurang efektif dan efisien karena peluang mahasiswa untuk melakukan manipulasi data kehadiran tersebut terhitung masih terjadi. Sidik jari merupakan salah satu ciri dari seseorang (biometrika) sehingga setiap mahasiswa pasti mempunyai sidik jari yang berbeda dengan mahasiswa yang lainnya dan tidak mungkin ada sistem penitipan presensi pada mahasiswa lain.
Subyek penelitian dalam tugas akhir ini adalah suatu Aplikasi pencatatan kehadiran mahasiswa menggunakan sidik jari (Studi kasus presensi mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengentahuan Alam Universitas Ahmad Dahlan) menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 yang diharapkan dapat menjadikan suatu sistem presensi yang efektif dan efisien demi menunjangnya kemajuan teknologi dan prestasi mahasiswa.
Hasil yang diperoleh adalah suatu program Sistem Informasi Presensi mahasiswa dengan menggunakan Fingerprint Scanner yang dapat mengurangi kecurangan dalam melakukan presensi, meningkatkan keaktifan dan kedisiplinan mahasiswa serta mempermudah TU selaku admin untuk menentukan mahasiswa boleh ujian atau tidaknya.

Keywords: Sidik Jari, Presensi, Biometrika, Pencatatan kehadiran, Fingerprint

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi)
Depositing User: S.Si., M.Kom Suprihatin Karto
Date Deposited: 23 May 2022 02:57
Last Modified: 23 May 2022 02:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35039

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item