E-Modul Sistem Persamaan Linier Sebagai Bahan Ajar Memahami Materi Aljabar Matriks

Priwantoro, Soffi Widyanesti and Cahdriyana, Rima Aksen (2021) E-Modul Sistem Persamaan Linier Sebagai Bahan Ajar Memahami Materi Aljabar Matriks. [Artikel Dosen]

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of jurnal bu lulu.pdf] Text
jurnal bu lulu.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of JURNAL admathedu pak anggit.pdf] Text
JURNAL admathedu pak anggit.pdf

Download (550kB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi mempengaruhi ranah pendidikan yang berakibat mengubah sumber belajar dari tradisional yang diakses secara offline menjadi online. Salah satu perubahan yang terjadi adalah modul yang berupa cetak, saat ini marak modul yang bersifat elektronik. Inti dari pembelajaran aljabar matriks adalah operasi baris elementer, Eliminasi gaussjordan, dan solusi sistem persamaan linier. Materi-materi tersebut digunkaan sebagai prasyarat dasar untuk aljabar linier dan pemrograman linier, sehingga mahasiswa diharapkan memahami materi tersebut. Modul yang bersifat elektronik atau e-modul yang dikembangkan menggunakan flipbook kvisoft yang dapat disisipi dengan video, gambar dan audio yang memungkinkan mahasiswa belajar diluar kelas. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah ADDIE (analysis, Desain, Developm Implementation, Evaluation). Haisl dari penelitian ini adalah dikembangkannya e-modul matriks dengan kriteria layak yaitu 76,25% dari ahli media dan 78,57% dari ahli materi. Sednagkan untuk respon mahasiswa diperoleh kriteria praktis pada kelas kecil dengan prosentase sebesar 65,20% dan kelas besar sebesar 77,03%.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: M.Sc. Soffi Widyanesti Priwantoro
Date Deposited: 23 May 2022 05:02
Last Modified: 23 May 2022 05:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35057

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item