Hasil cek_"Pengaruh persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (ocb) dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediator"

Azhar, Azhar and Sari, Erita Yuliasesti Diah and Anam, Choirul (2021) Hasil cek_"Pengaruh persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (ocb) dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediator". AKUNTABEL Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

[thumbnail of HASIL CEK_2. Azhar-Pengaruh persepsi dukungan.pdf] Text
HASIL CEK_2. Azhar-Pengaruh persepsi dukungan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior, untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi, untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap OCB dan mengetahui peran komitmen organisasi sebagai variabel mediator dalam pengaruh persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap OCB. Penelitian dilakukan pada karyawan salah satu hotel di dengan jumlah responden 125 karyawan. Responden penelitian ditentukan meggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala model summated rating 4 poin untuk mengukur 20 indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujian mendapatkan persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB serta komitmen organisasi dinilai secara signifikan memediasi hubungan antara persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap OCB. Keterbatasan yang dimiliki penelitian ini yaitu peneliti hanya mengukur respon subjek secara umum dan belum melihat secara spesifik pada masing-masing departemen.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: S.Psi.,M.Si Erita Yuliasesti
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:42
Last Modified: 10 Jun 2022 02:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35240

Actions (login required)

View Item View Item