Tindak Tutur Direktif dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo

Khoiriyah, Argian Nurul and Zultiyanti, Zultiyanti (2021) Tindak Tutur Direktif dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo. Universitas Veteran Bantara Sukoharjo.

[thumbnail of Tindak Tutur Direktif dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo.pdf] Text
Tindak Tutur Direktif dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan penggunaan bahasa tokoh-tokoh dalam novel Pasar karya Kuntowijoyo dari masyarakat tradisional Jawa menuju masyarakat yang lebih modern. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif dalam novel Pasar karya Kuntowijoyo. Jenis penelitian adalah deskpritif kualitatif. Subjek penelitian adalah novel Pasar karya Kuntowijoyo. Objek penelitian ini adalah tindak tutur direktif. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak atau observasi dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan berupa teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dan teknik catat. Instrumen penelitian adalah instrumen manusia dengan alat bantu berupa kartu data.Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode padan pragmatik dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutan Hubung Banding Menyamakan (HBS). Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk tindak tutur direktif dalam novel Pasar ditemukan 182 data, terbagi menjadi lima meliputi: memesan 38 data, memerintah 65 data, memohon 12 data, menasihati 37 data, dan merekomendasi 30 data.

Item Type: Other
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: Zultiyanti Zultiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:47
Last Modified: 10 Jun 2022 02:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35248

Actions (login required)

View Item View Item