Similarity_ANALISIS PERBANDINGAN METODE REGRESI LINIER DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL MODIFIKASI

Yudhana, Anton and Septa, Frandika and Fadlil, Abdul (2020) Similarity_ANALISIS PERBANDINGAN METODE REGRESI LINIER DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL MODIFIKASI. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIK), 7 (5). pp. 951-960. ISSN p-ISSN: 2355-7699 / e-ISSN: 2528-6579

[thumbnail of Similarity_ANALISIS PERBANDINGAN METODE REGRESI LINIER DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL MODIFIKASI.pdf] Text
Similarity_ANALISIS PERBANDINGAN METODE REGRESI LINIER DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL MODIFIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Layanan excellent merupakan layanan yang mampu memberikan rasa kepuasan bagi penggunanya, sehingga menimbulkan loyalitas terhadap layanan yang digunakan. Layanan E-Government menjadi penting untuk dilakukan penilaian kualitas layanannya terhadap kepuasan pengguna, karena salah satu tujuan dikembangkannya E-Government adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kualitas layanan E-Government dalam kasus ini website SIMSARPRAS berdasarkan persepsi pengguna dari website SIMSARPRAS, yaitu madrasah dan operator kementerian agama. Jumlah responden adalah 500 orang yang dikumpulkan dari hasil penyebarah kuesioner secara online menggunakan Google Formulir. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode WebQual modifikasi sebagai indikator dalam penyusunan kuesioner secara online, dan metode analisa menggunakan regresi linier berganda dan importance performance analysis (IPA). Hasil kuesioner diolah dan dilakukan pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menunjukkan bahwa kuesioner layak dijadikan sebagai bahan penelitian lebih lanjut untuk dilakukan analisis data. Hasil analisis data diklasifikasikan berdasarkan persentase kepuasan pengguna terhadap layanan webiste SIMSARPRAS dengan tiga klasifikasi, yaitu baik, sedang dan buruk. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa website SIMSARPRAS berkualitas sedang, sedangkan dengan IPA website berkualitas baik. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda diketahui bahwa variabel bebas mampu mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 67,6% dan 32,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya, sedangkan hasil dari IPA tingkat kesesuaian sebesar 96,22% dan tingkat kesenjangan antara kinerja dan harapan dari layanan E-Government sebesar –0,12. Hasil dari penelitian ini memberikan kontribusi kepada kementerian agama khususnya sebagai pemilik website SIMSARPRAS untuk dijadikan sebagai bahan referensi dan evaluasi layanan SIMSARPRAS kedepannya.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Anton Yudhana,
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:35
Last Modified: 14 Jun 2022 03:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35286

Actions (login required)

View Item View Item