MODUL-SERI EBM MODUL KAJIAN KRITIS ARTIKEL UJI KEMANJURAN

Akrom, Akrom (2021) MODUL-SERI EBM MODUL KAJIAN KRITIS ARTIKEL UJI KEMANJURAN. [Teaching Resource] (Unpublished)

[thumbnail of 2021_modul_ebm_akki-ujiefikasi-akrom.pdf] Text
2021_modul_ebm_akki-ujiefikasi-akrom.pdf

Download (4MB)

Abstract

Evidence based medicine mengkombinasikan antara bukti ilmiah (evidence) dengan ketrampilan klinis dan nilai-nilai indifidual pasien. Bukti ilmiah atau evidence sering disebut juga dengan pustaka atau pustaka obat. Pemahaman tentang berbagai jenis pustaka obat sebagai evidence merupakan aspek penting pada praktek evidence based medicine.
Apakah yang dimaksud dengan evidence atau bukti ilmiah? Apakah semua informasi atau berita tentang kesehatan merupakan evidence kesehatan? Apakah ijazah atau sertifikat merupakan evidence?
Evidence atau bukti ilmiah adalah bukti-bukti ilmiah hasil dari kajian atau penelitian yang dilakukan sesuai dengan metode ilmiah atau bersifat scientific. Bukti ilmiah secara umum dapat berupa jurnal ilmiah, kumpulan karya ilmiah dalam proseding, kumplan abstrak penelitian, review jurnal, pendapat ahli, laporan kasus, compendium atau textbook. Dalam bahasa yang lebih sederhana evidence atau bukti ilmiah adalah jurnal atau literature ilmiah, dibidang farmasi lieratur ilmiah sering disebut juga dengan literatur obat. Ijazah, sertifikat dan surat-surat tanda kepesertaan dalam kegiatan ilmiah bukan merupakan evidence atau bukti ilmiah.
Berdasarkan kemampuannya sebagai bukti ilmiah atau sebagai evidence, literature atau pustaka obat dibedakan berdasarkan derajatnya. Berdasarkan data yang disajikan pustaka obat dibedakan menjadi pustaka obat primer, sekunder dan tersier. Pustaka primer adalah pustaka yg menyajikan data primer, Data primer adalah data-data yang langsung diukur (diobservasi) langsung oleh peneliti. Contoh pustaka primer adalah laporan langsung oleh peneliti baik penelitian eksperimental seperti trial klinik (RCT, kuasi eksperimental) atau penelitian observasional (case control, kohort, cross sectional, laporan kasus) dalam wujud original articles, case report, brief report atau short communication.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi)
Depositing User: Akrom Akrom
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:50
Last Modified: 30 Jun 2022 06:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35730

Actions (login required)

View Item View Item