Peer Review_Implementasi Algoritma Playfair Cipher dan Least Significant Bit pada Citra Digital

Yudhana, Anton (2020) Peer Review_Implementasi Algoritma Playfair Cipher dan Least Significant Bit pada Citra Digital. Ikatan Ahli Informatika Indonesia.

[thumbnail of 17_Implementasi Algoritma Playfair Cipher dan Least Significant Bit pada Citra Digital.pdf] Text
17_Implementasi Algoritma Playfair Cipher dan Least Significant Bit pada Citra Digital.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keamanan pesan merupakan sesuatu hal yang sangat penting sekarang ini. Dikarenakan keamanan merupakan bagian privasi dari seseorang yang ingin menjaga pesan dari mereka yang tidak memiliki hak dalam membacanya atau menerimanya. Metode yang digunakan untuk pengamanan pesan informasi dengan teknik enkripsi dan dekripsi pesan adalah algoritma Playfair Cipherdengan dikombinasikan menggunakan metode Least Significant Bit (LSB). Dalam penelitian ini diperoleh bahwa algoritma playfair cipher cukup aman dalan implementasi enkripsi pesan rahasia atau ciphertext dikarenakan playfair cipher memiliki tingkat kemunculan huruf-huruf yang begitu sulit untuk diprediksi sehimgga ciphertext menjadikumpulan data yang sudah teracak. Untuk metode steganografi Least Significant Bit (LSB) dalam penyisipan pesan rahasia atau embedded sulit ditebak secara kasat mata melihat perubahan yang terjadi antara sebelum dan sesudah gambar disisipkan tidak terlalu signifikan. Juga melihat nilai hasil Peak-Signal-to-Noise ratio atau PSNR masih dapat dianggap berkuaitas bagus dikarenakan >30 desibel (dB). Sehingga hasil akhir dari kombinasi algoritma Playfair Cipher dengan metode Least Significant Bit (LSB) cukup baikdalam pengamanan pesan.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Anton Yudhana,
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:14
Last Modified: 18 Jul 2022 04:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/35865

Actions (login required)

View Item View Item