KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 94 DIVISI I.B.3 Tahun Akdemik 2021/2022

Dwijayanti, Dhona (2022) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 94 DIVISI I.B.3 Tahun Akdemik 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.B.3_REGULER 94.pdf] Text
JUDUL_I.B.3_REGULER 94.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_I.B.3_REGULER 94.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_I.B.3_REGULER 94.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan menjadi wujud dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa di seluruh perguruan tinggi baik swasta maupun negeri diberikan kesempatan untuk belajar di luar selama 2 semester. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan secara langsung. Program Kampus Mengajar ini bertujuan untuk membantu pendidikan di Indonesia dan berfokus ke sekolah yang masih berkareditasi C serta terletak di daerah 3 T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).
Program Kampus Mengajar berfokus ke tiga bidang yaitu literasi dan numerasi, adaptasi teknologi serta administrasi sekolah, selain itu kami ikut serta membantu mengajar di kelas dan membantu guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang agama, seni, dan olahraga. Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 berlangsung selama 5 bulan, yang dimulai dari bulan Februari sampai dengan Juni. SD Negeri Semawung menjadi salah satu SD sasaran dari program Kampus Mengajar Angkatan 3. SD Negeri Semawung menjadi salah satu SD di Kabupaten Purworejo yang memiliki jumlah siswa yang sedikit serta kekurangan guru sehingga untuk beberapa kelas sering kosong dan hanya diberikan tugas saja. Kejadian ini telah berlangsung beberapa tahun, hal ini diakibatkan guru-guru telah dipindah tugaskan, sebelumnya SD Negeri Semawung menjadi sekolah yang banyak mencetak prestasi di berbagai perlombaan baik untuk tingkat kecamatan maupun kabupaten, hal ini terbukti dengan adanya berbagai piala kejuaraan yang diperoleh selain itu sekolah tersebut memiliki fasilitas yang lengkap seperti alat peraga untuk mendukung kegiatan pembelajaran namun belum dimanfaatkan secara optimal dan perpustakaan yang lengkap dengan berbagai koleksi buku. Untuk kedepannya, fasilitas ini akan lebih dioptimalkan penggunaan nya untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Dhona Dwijayanti
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:08
Last Modified: 29 Jul 2022 03:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36011

Actions (login required)

View Item View Item