LAPORAN AKHIR Program Kampus Mengajar Angkatan 3 PENINGKATAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 1 SINDANGRESMI SEBAGAI IMPLEMENTASI RANAH GERAK KAMPUS MENGAJAR

Nur Hidayati, Annisa (2022) LAPORAN AKHIR Program Kampus Mengajar Angkatan 3 PENINGKATAN LITERASI SISWA SMP NEGERI 1 SINDANGRESMI SEBAGAI IMPLEMENTASI RANAH GERAK KAMPUS MENGAJAR. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.A.3_REGULER 94.pdf] Text
JUDUL_I.A.3_REGULER 94.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.A.3_REGULER 94.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.A.3_REGULER 94.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) dan didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Program ini merupakan bagian dari kegiatan mengajar di Sekolah dari Kampus Merdeka untuk membantu pembelajaran di masa pandemi terutama untuk anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). SMP Negeri 1 Sindangresmi menjadi salah satu wadah mahasiswa untuk berkolaborasi sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi sehingga mahasiswa menjadi partner guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam proses mengajar terkait literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah atau guru.
Program Kampus Mengajar angkatan 3 memiliki fokus pada akselerasi peningkatan literasi dan numerasi peserta didik. Oleh karenanya mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu, kompetensi, dan kecakapan yang mereka miliki untuk berkontribusi langsung dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Program ini juga ditujukan untuk pengenalan kurikulum serta sistem pendidikan yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam menyelaraskan sekolah-sekolah agar sesuai dengan pembaharuan yang ada.
Hasil yang diperoleh dari program kampus mengajar adalah membantu sekolah dalam hal literasi dan numerasi, adaptasi teknologi, administrasi, kesehatan olahraga, dan lainnya. Pada pembelajaran literasi dan numerasi, program yang dilakukan adalah pembiasaan sebelum pembejaran dengan membaca sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa. Pada pembelajaran adaptasi teknologi, melakukan kegiatan belajar beberapa kali menerapkan adaptasi teknologi seperti penggunaan proyektor sebagai media pembelajaran. Pada ranah administrasi, melakukan pengelolaan pojok baca dan mading sekolah, mahasiswa membantu dalam manajemen pembaca yang meminjam buku dari pojok baca, serta membantu perekapan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : mengajar, literasi, adaptasi teknologi, administrasi sekolah

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: Annisa Nur Hidayati
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:26
Last Modified: 01 Aug 2022 06:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36075

Actions (login required)

View Item View Item