Laporan Manajemen Proyek Teknologi Informasi Pembangunan Sistem Informasi Desa Jatitujuh

Wardani, Ade and Wala, Jihan and Farisi, Muhammad Al and Zahra, Khalida and Aji, Athaariq Hamdi Bayyu and Hidayat, Rijal Hafizhun and Hanifatun, Farras (2022) Laporan Manajemen Proyek Teknologi Informasi Pembangunan Sistem Informasi Desa Jatitujuh. [Laporan MTP] (Unpublished)

[thumbnail of ISI LAPORAN MTP_compressed.pdf] Text
ISI LAPORAN MTP_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kehidupan di era globalisasi saat ini teknologi informasi memegang peran yang sangat penting dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang penyebaran informasi yang menyangkut desa dan perkembangannya. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pada pasal 86 menyatakan, bahwa pemerintah desa wajib mengembangkan sistem informasi desa yang meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia. Selaras dengan undang-undang tersebut, pemerintahan Desa Jatitujuh pun memiliki program digitalisasi informasi desa. Program tersebut diadakan oleh karena selama ini pemerintahan Desa Jatitujuh belum memiliki website instansi secara resmi sehingga penyampaian informasi kepada masyarakat menjadi kurang maksimal sebab dilakukan secara manual sehingga mengakibatkan penyebaran informasi menjadi terbatas. Proses transfer informasi tersebut menjadi kendala baik dari salah satu pihak maupun kedua belah pihak. Oleh karena itu pemerintahan Desa Jatitujuh merasa perlu membangun suatu “Sistem Informasi Desa Jatitujuh” sebagai media penyedia informasi, publikasi, wadah aspirasi juga sebagai upaya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Pembangunan Sistem Informasi Desa Jatitujuh dilakukan melalui tahapan analisis, desain dan implementasi. Dengan dibangunnya “Sistem Informasi Desa Jatitujuh” pemerintahan desa dapat mengelola data terkait desa dengan mudah dan terorganisir.

Item Type: Laporan MTP
Additional Information: Manajemen Proyek Teknologi Informasi (MPTI)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Ade Wardani
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:48
Last Modified: 15 Aug 2022 01:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36169

Actions (login required)

View Item View Item