UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH GERSO KABUPATEN BANTUL

Pidola, Reponov UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH GERSO KABUPATEN BANTUL. [Artikel mahasiswa]

[thumbnail of jurnal reponov pidola_1500005203.pdf] Text
jurnal reponov pidola_1500005203.pdf

Download (378kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar karena kueangnya variasi metode pembelajaran di sekolah dasar. Selain itu dalam proses pembelajarannya guru belum menerapkan pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan utuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi gaya dengan metode demonstrasi kelas IV di SD Muhammadiyah Gerso Kabupaten Bantul.
Penelitian yanga akan dilalukan ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (classroom action reseach) atau yang bisa disebut PTK. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu bentuk penelitian yang dilakukan di kelas. PTK adalah penelitian yang memeparkan terjadinya sebab akibat dari perlakuan, sekalugus memaparkan apa yang terjadi ketika perlakuan diberikan, dan memeaparkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampaidengan dampak dari perlakuan tersebut (Arikunto, 2015: 1-2). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang memaparkan baik proses maupun hasil suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Hasil penelitian ini adalah dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Muhammadiyah Gerso Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2022/2023. Rata-rata Motivasi belajar secara keseluruhan meningkat dari siklus I yaitu sebesar 62,36%, sedangkan pada siklus II menjadi 82,49% sehingga mengalami peningkatan sebesar 22,02%. Hal ini sesuai dengan target yang telah ditentukan yaitu mencapai 75%. Peningkatan Hasil belajar juga tercermin pada persentase Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) siklus I sebesar 51,66%, dan pada siklus II sebesar 80% atau mengalami peningkatan sebesar 28,32%. Pada hasil tersebut persentase peserta didik yang memperoleh nilai ≤ 65 sebanyak 80%.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Artikel mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Reponov Pidola
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:03
Last Modified: 15 Aug 2022 02:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36187

Actions (login required)

View Item View Item