KESEIMBANGAN KEHIDUPAN-KERJA DAN KEBAHAGIAAN DI TEMPAT KERJA, BAGAIMANA DAMPAKNYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) ?

Pratama, Syamsul Huda and Sari, Erita Yuliasesti Diah and Widiana, Herlina Siwi (2022) KESEIMBANGAN KEHIDUPAN-KERJA DAN KEBAHAGIAAN DI TEMPAT KERJA, BAGAIMANA DAMPAKNYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) ? Psyco Idea, 20 (1). ISSN 1693-1076

[thumbnail of Hasil_Erita.pdf] Text
Hasil_Erita.pdf

Download (2MB)

Abstract

Organization citizenship behavior (OCB) merupakan isu penting dalam organisasi untuk mencapai efektifitas dan efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keseimbangan kehidupan-kerja dan kebahagiaan di tempat kerja terhadap OCB. Seratus tiga puluh orang guru dari beberapa SMK Muhammadiyah di Yogyakarta berpartisipasi dalam studi ini Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proportional sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah skala OCB, skala keseimbangan kehidupan-kerja, dan skala kebahagiaan di tempat kerja. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, (1) keseimbangan kehidupan-kerja dan kebahagiaan di tempat kerja secara signifikan memengaruhi OCB, (2) keseimbangan kehidupan-kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap OCB, (3) kebahagiaan di tempat kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap OCB. Kebahagiaan di tempat kerja memiliki sumbangan efektif sebesar 17,09% terhadap OCB, lebih besar daripada keseimbangan kehidupan-kerja sehingga diharapkan sekolah dapat memperhatikan kebahagiaan di tempat kerja untuk meningkatkan OCB guru.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: S.Psi.,M.Si Erita Yuliasesti
Date Deposited: 18 Aug 2022 05:53
Last Modified: 18 Aug 2022 05:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36256

Actions (login required)

View Item View Item