Similarity-AF-Pengenalan Pola Emosi Manusia Berdasarkan Ucapan Menggunakan Ekstraksi Fitur Mel-Frequency Cepstral Coefficients (MFCC)

Helmiyah, Siti and Fadlil, Abdul and Yudhana, Anton Similarity-AF-Pengenalan Pola Emosi Manusia Berdasarkan Ucapan Menggunakan Ekstraksi Fitur Mel-Frequency Cepstral Coefficients (MFCC).

[thumbnail of Similarity-AF-Pengenalan Pola Emosi Manusia Berdasarkan Ucapan Menggunakan.pdf] Text
Similarity-AF-Pengenalan Pola Emosi Manusia Berdasarkan Ucapan Menggunakan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengenalan emosi manusia berdasarkan ucapan menjadi penting karena permasalahan ini sangat berguna dalam kehidupan sekarang yang memerlukan interaksi manusia dan
teknologi. Pengenalan emosi merupakan masalah yang komplek karena perbedaan adat dan dialek khusus yang ada pad etnis, wilayah dan komunitas yang berbeda. Masalah ini juga menjadi sulit karena penilaian secara objektif, emosi merupakan peristiwa yang terjadi di bawah alam sadar manusia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pola pengenalan emosi berdasarkan ekstraksi fitur dari ucapan. Metode ekstraksi fitur yang digunakan pada penelitian ini adalah Mel-Frequency Cepstral Coefficients (MFCC) yang merupakan metode ekstraksi fitur yang mendekati sistem pendengaran manusia. Data yang digunakan diambil dari database Berlin Database of Emotional Speech (Emo-DB). Emosi yang digunakan dalam penelitian ini adalahbahagia, bosan, netral, sedih, dan marah. Masing-masing emosi , menggunakan tiga sample dari
Emo-DB. Pola emosi ucapan berhasil terlihat dengan menggunakan nilai parameter MFCC seperti 25 untuk durasi frame, 10 untuk pembentukan frame, 0.97 untuk nilai koefesien preemphasis, 20 untuk nilai channels filterbank, 13 untuk cepstral coefficients.Fitur MFCC kemudian diekstraksi dan dihitung untuk menemukan nilai rata-rata dari parameter ini. Nilai-nilai ini kemudian diplot berdasarkan grafik kerangka waktu untuk menemukan pola spesifik yang muncul dari setiap emosi.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Master of Technology Informatica (Magister Teknologi Informatika)
Depositing User: Drs. Abdul Fadlil, M.T., Ph.D.
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:37
Last Modified: 22 Aug 2022 01:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36379

Actions (login required)

View Item View Item