Similarity-AF-Sistem Monitoring Kolesterol Melalui Iris Mata dengan Metode Pengolahan Citra

Fadlil, Abdul and Sapto Aji, Wahyu and Setyo Nugroho, Arief Similarity-AF-Sistem Monitoring Kolesterol Melalui Iris Mata dengan Metode Pengolahan Citra.

[thumbnail of Similarity-AF-Sistem Monitoring Kolesterol Melalui Iris Mata dengan Metode Pengolahan.pdf] Text
Similarity-AF-Sistem Monitoring Kolesterol Melalui Iris Mata dengan Metode Pengolahan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Deteksi dini untuk mengetahui ada atau tidaknya kolesterol dalam tubuh merupakan kebutuhan bagi setiap orang yang ingin hidup sehat. Banyak penyakit yang dapat ditimbulkan dari adanya kolesterol dalam tubuh diantaranya jantung, stroke, gangguan saraf, ginjal, hipertensi, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan merancang sistem deteksi kolesterol melalui iris mata dengan menggunakan pengolahan citra serta monitoring perkembangan secara berkala. Pendeteksian kolesterol dalam tubuh dilakukan dengan melihat Arcus Senilis yang merupakan suatu cincin abu-abu yang terdapat pada area iris mata. Pengujian dilakukan dengan cara menggunakan citra iris mata yang terindikasi kolesterol sebanyak 15 sampel. Proses pengolahan citra iris meliputi akuisisi citra, penajaman citra, segmentasi citra, konversi grayscale dan binerisasi citra. Kolesterol dapat ditunjukkan melalui besarnya perbandingan nilai piksel 0 (hitam) dan nilai piksel 1 (putih) pada citra biner. Data hasil pengolahan citra akan disimpan di dalam database berformat excel dengan menambah beberapa data yang diperlukan.
Hasil pengujian dilakukan dengan metode try and error threshold menggunakan nilai 80, 100, 150 yang berturut
turut mendapatkan akurasi sebesar 87%, 73%, dan 33%. Selain itu monitoring kolesterol secara berkala dapat dilakukan menggunakan sistem antarmuka dan database dengan menambahkan data yang diperlukan serta dapat
menampilkannya pada excel.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Drs. Abdul Fadlil, M.T., Ph.D.
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:37
Last Modified: 22 Aug 2022 01:46
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36382

Actions (login required)

View Item View Item