similarity-Algoritma k-NN dengan Euclidean Distance untuk Prediksi Penggergajian Kayu Sengon

Sunardi, Sunardi (2020) similarity-Algoritma k-NN dengan Euclidean Distance untuk Prediksi Penggergajian Kayu Sengon. TRANSMISI.

[thumbnail of Algoritma k-NN dengan Euclidean Distance untuk Prediksi Penggergajian Kayu Sengon.pdf] Text
Algoritma k-NN dengan Euclidean Distance untuk Prediksi Penggergajian Kayu Sengon.pdf

Download (1MB)

Abstract

Industri dengan bahan dasar kayu Sengon (Albizia falcataria) banyak diselenggarakan oleh masyarakat Indonesia untuk keperluan furnitur, instrumen desain interior, bahan kayu plywood, pelapis dinding, plafon, dudukan cor, dan bahan baku kertas. Penggergajian merupakan proses pemotongan batang kayu untuk mendapatkan potongan-potongan yang lebih kecil sesuai dengan variasi dimensi yang diinginkan. Perhitungan prediksi secara manual untuk mendapatkan jumlah dan dimensi potongan membutuhkan waktu lama karena harus dilakukan secara berulang untuk setiap batang, terkadang hasilnya tidak optimal sehingga mengakibatkan kerugian. Penelitian ini menerapkan Algoritma k-Nearest Neighbor (k-NN) dengan Euclidean Distance untuk prediksi hasil penggergajian kayu Sengon. Penelitian diawali dengan perhitungan dengan Ms Excel lalu membangun aplikasi Algoritma k-NN menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL dan framework Laravel. Data training sejumlah 135 dan data testing sejumlah 10. Nilai k yang digunakan adalah 1, 2, 3, 4, dan 5. Penggunaan aplikasi dilakukan dengan memberikan input berupa panjang dan diameter kayu untuk kemudian dilakukan proses perhitungan k-NN hingga mendapatkan hasil prediksi. Penelitian dengan aplikasi didapatkan hasil prediksi 100% sama dengan hasil perhitungan dengan Ms Excel. Hasil prediksi dengan aplikasi mendapatkan akurasi 70% atau errorrate sebesar 30% jika dibandingkan dengan hasil riil di lapangan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: SUNARDI
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:24
Last Modified: 22 Aug 2022 03:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36401

Actions (login required)

View Item View Item