Similarity-AF-Sistem Pengenalan Bunga Berbasis Pengolahan Citra dan Pengklasifikasi Jarak

Muwardi, Fitri and Fadlil, Abdul (2017) Similarity-AF-Sistem Pengenalan Bunga Berbasis Pengolahan Citra dan Pengklasifikasi Jarak. Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI), 3 (2).

[thumbnail of Similarity-AF-Sistem Pengenalan Bunga Berbasis Pengolahan Citra.pdf] Text
Similarity-AF-Sistem Pengenalan Bunga Berbasis Pengolahan Citra.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem pengenalan jenis bunga berbasis komputer merupakan proses memasukkan informasi berupa citra jenis bunga ke dalam komputer. Perlu adanya sistem yang handal dan cerdas untuk melaksanakan tugas tersebut. Pada penelitian ini kamera handphone dimanfaatkan untuk akuisisi data citra jenis bunga. Selanjutnya dilakukan pre-processing (grayscale dan cropping) terhadap citra, untuk ektraksi ciri (histogram warna citra dan statistik orde 1), dan pengklasifikasi jarak (manhattan dan Euclidean). Pada penelitian ini dilakukan melalui 2 tahap yaitu penentuan pola standar dan pengujian. Data yang digunakan sebagai pola standar referensi sebanyak 9 sampel untuk masing-masing jenis bunga yaitu bunga alamanda, bunga kamboja, bunga kenanga, bunga lidah mertua, bunga lili putih, bunga matahari, bunga mawar, bunga melati, bunga sepatu. Sedangkan untuk pengujian uji kerja sistem menggunakan 25
sampel untuk setiap masing-masing jenis bunga jadi total citra uji 225 sampel. Hasil pengujian sistem identifikasi citra jenis bunga menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi sebesar 85% dengan menggunakan metode jarak manhattan dengan ektraksi ciri histogram, dan paling rendah tingkat akurasinya adalah 77%, menggunakan metode klasifikasi Euclidean dengan ektraksi ciri statistik orde 1.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Drs. Abdul Fadlil, M.T., Ph.D.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:37
Last Modified: 22 Aug 2022 04:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36415

Actions (login required)

View Item View Item