similarity-Algoritma End of File dan Rijndael pada Steganografi Video

Sunardi, Sunardi (2021) similarity-Algoritma End of File dan Rijndael pada Steganografi Video. JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), 5 (1). ISSN 2549-9750

[thumbnail of Algoritma End of File dan Rijndael pada Steganografi Video.pdf] Text
Algoritma End of File dan Rijndael pada Steganografi Video.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknik penyembunyian pesan dalam media digital dikenal dengan istilah steganografi. Penelitian dirancang untuk membuat sistem steganografi video, pesan yang disisipkan berupa teks terlebih dahulu dienkripsi dengan algoritma Rijndael. Metode untuk penyisipan pesan pada frame video adalah metode End of File (EoF). Ekstraksi frame pada video menggunakan ffmpeg. Pengujian kualitatif dilakukan untuk melihat perubahan frame video dengan indera manusia. Pengujian kuantitatif dilakukan pada enam video dengan resolusi yang berbeda, disisipi pesan dengan ukuran Byte yang bervariasi. Frame yang telah disisipi pesan diukur noise-nya dengan Peak Signal to Noise Rasio (PNSR). Keunggulan dari metode EoF adalah frame video dapat menampung byte pesan yang tidak terbatas. Frame video setelah disisipi pesan dengan berbagai macam ukuran pesan tidak terjadi noise hal terlihat dari MSE bernilai 0 dan PNSR bernilai infinity.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: SUNARDI
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:06
Last Modified: 22 Aug 2022 06:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36425

Actions (login required)

View Item View Item