LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN RISET KEILMUAN INOVASI TEKNOLOGI PRODUKSI TEPUNG TINGGI SERAT UNTUK PENDERITA DIABETES DI MASA PANDEMI COVID- 19

Kumalasari, Ika Dyah and Sulistiawati, Endah and Budiarti, Gita Indah (2022) LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN RISET KEILMUAN INOVASI TEKNOLOGI PRODUKSI TEPUNG TINGGI SERAT UNTUK PENDERITA DIABETES DI MASA PANDEMI COVID- 19. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN PENELITIAN RISET KEILMUAN.pdf] Text
LAPORAN PENELITIAN RISET KEILMUAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan produk tepung yang berbahan baku ubi jalar ungu dan ubi jalar orange. Tepung terigu merupakan bubuk halus yang berasal dari biji gandum yang dihaluskan melalui proses penggilingan, yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan mie, kue dan roti. Pembuatan tepung menggunakan hydrogen rich water pH 5, 7, dan 9 serta konsentrasi asam sitrat sebesar 1%, 1,5%, dan 2% dengan menggunakan variasi lama perendaman selama 15 menit dan 30 menit sebagai variabel penelitian. Metode yang digunakan berupa pengeringan dengan beberapa analisis diantaranya, swelling power, proksimate, dan analisis gula reduksi dengan metode Nelson-Somogyi. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tepung ubi jalar orange cocok dijadikan substituen tepung dengan karakteristik yang relatif baik jika digunakan sebagai tepung terigu untuk pembuatan produk mie, hal tersebut ditinjau dari nilai hasil uji proksimate dan uji tekstur llyod yang diperoleh.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Depositing User: MT Gita Indah Budiarti
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:43
Last Modified: 26 Aug 2022 03:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36507

Actions (login required)

View Item View Item