Warningsih, Elis and Fatonah, Fatonah and Muawinah, Ina and Mampouw, Helti Lygia (2016) IMPLEMENTASI PUZZLE GAMBAR TOKOH KARTUN DAN GAMBAR- GAMBAR TERWARNAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS III SDN MAJA PADA MATERI PECAHAN. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 261-267. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Elis Warningsih_UKSW.pdf Download (524kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada pembela- jaran pecahan melalui implementasipuzzle tokoh kartun dan gambar-gambar terwarnai di kelas III SDN Maja, kecamatan Cikande kabupaten Serang. Gambar tokoh kartun Boboi Boy, Masha and the Bear dan Frozen, didisain dalam bentuk puzzle dengan bagian-bagian kecil yang sama besar. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis & McTag- gart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 53 siswa. Pembelajaran pecahan pada siklus ke-1 mencapai 68% tuntas dan meningkat menjadi 73,6% pada siklus ke-2. Siswa aktif berdiskusi meningkat dari 80% menjadi 86%, siswa aktif bertanya meningkat dari 79% menjadi
82% dan siswa aktif bertanya meningkat sebesar 7%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan puzzle gambar tokoh kartun dan gambar-gambar terwarnai telah meningkatkan penguasaan materi pecahan dan telah mendorong siswa aktif berdiskusi, menjawab pertanyaan serta meningkatkan kemampuan bertanya.
Kata kunci: matematika, pecahan, puzzle tokoh kartun, gambar-gambar terwarnai
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 02:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 02:40 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3657 |
Actions (login required)
View Item |