Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Dimasa Pandemi Covid-19 melalui Konseling Kelompok Relita Siswa SMP Negeri 3 Bawang

Hartanto, Dody (2022) Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Dimasa Pandemi Covid-19 melalui Konseling Kelompok Relita Siswa SMP Negeri 3 Bawang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4). ISSN 2685-936X

[thumbnail of Hasil Check-Hartanto et al_Hubungan Sosial Antar Teman.pdf] Text
Hasil Check-Hartanto et al_Hubungan Sosial Antar Teman.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang upaya meningkatkan hubungan sosial antar teman sebaya dimasa pandemi covid-19 melalui konseling kelompok denganpendekatan Realita teknik pengembangan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan bimbingan konseling(PTBK)dandilaksanakan dalam dua siklus. Hal ini dibutuhkan agar dapat melihat perubahan yang di alami siswa dalam hal mengatasi hubungan sosial antar teman sebaya. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angketskala psikologis. Teknik analisis datadalam penelitianyang digunakan adalah menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat hubungan sosialantar teman sebaya mengalami kenaikan setelah layanan konseling kelompok dengan pendekatan Realita teknikpengambangan keterampilanpadasiswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bawang Tahun Ajaran 2021/2022. Proses layanan konseling kelompok pada setiap siklus meningkat,mengenai hubungan sosial antar teman sebayaterbuktikan dengan adanya mean sebelum ada tindakan berupa pemberian layanan konseling kelompok sebesar 81,67 dan sesudah tindakan sebesar 101,67

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. Dody Hartanto
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:14
Last Modified: 30 Aug 2022 02:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36570

Actions (login required)

View Item View Item