Upaya Meningkatkan Teamworkmelalui Bimbingan Kelompok menggunakan Simulation Games terhadap Pengurus OSISSMPN 42 Semarang

Hartanto, Dody (2022) Upaya Meningkatkan Teamworkmelalui Bimbingan Kelompok menggunakan Simulation Games terhadap Pengurus OSISSMPN 42 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4). ISSN 2685-936x

[thumbnail of Hasil Check_Hartanto et al_Team Work.pdf] Text
Hasil Check_Hartanto et al_Team Work.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untukmengkaji permasalahan teamwork yang ada pada pengurus OSIS SMPN 42 Semarangyang tergolong masih rendahPenelitian ini merupakan Penelitian TindakanBimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilakukan di SMPN 42 Semarang. Subjek penelitian adalah peserta didik yang tergabung sebagai pengurus OSIS berjumlah 26 siswa.Instrumen penelitian ini menggunakan lembar pengumpulan data dan lembar observasi. Data dalam penelitian ini dianalisa menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh peningkatan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 52%, siklus I: 56 %, siklusII: 76%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok metode Game Simulation dalam upaya meningkatkan tingkat kerjasama peserta didik pengurus OSIS SMPN 42 Semarang terdapat adanya peningkatanKata Kunci: Kerjasama, Bimbingan Kelompok, Game Simulation

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. Dody Hartanto
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:18
Last Modified: 30 Aug 2022 02:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36572

Actions (login required)

View Item View Item