Upaya Meningkatkan Empati Siswa Melalui BimbinganKlasikal Berbasis Media Film Di Kelas X RPL 3 SMKPGRI01 Sukorejo

Hartanto, Dody (2022) Upaya Meningkatkan Empati Siswa Melalui BimbinganKlasikal Berbasis Media Film Di Kelas X RPL 3 SMKPGRI01 Sukorejo. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[thumbnail of Peer Review_Hartanto-Empati Siswa.pdf] Text
Peer Review_Hartanto-Empati Siswa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana seorang remaja belajar serta berkembang untuk mengenali diri dan lingkungan sekitarnya. Namun, pada masa pandemi covid_19 proses belajar serta berkembangnya siswa untuk mengenal diri dan lingkungan sekitarnya menjadi terhambat. Dalam hal tersebut, yang sangat penting dan harus dimiliki oleh remaja salah satunya yaitu memiliki sikap empati. Dengan memiliki sikap empati, di usia remaja dapat mempermudah siswa bisa mengenal diri dan lingkungan sekitarnya dengan baik. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuiefektifitas bimbingan klasikal berbasis media film dalam meningkatkan empatisiswa.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah 26 siswa di kelas X RPL 3 SMK PGRI 01 Sukorejo. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui AKPD, observasi dan angket skala empati. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis skala empati menunjukkanskor rata-rata pada pra siklus sebesar 85, siklus I sebesar 104 dan siklus II sebesar 131. Hasil penelitian tersebut menunjukkanadanya peningkatan yang signifikan pada sikapempati siswasebesar 27 poin.Sehingga layanan bimbingan klasikal berbasis media film efektif dalam meningkatkan empati siswa

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. Dody Hartanto
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:58
Last Modified: 30 Aug 2022 02:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36585

Actions (login required)

View Item View Item