UPAYA MENGURANGI NOMOPHOBIA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY (REBT) TEKNIK SELF MANAGEMENT

Hartanto, Dody (2022) UPAYA MENGURANGI NOMOPHOBIA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY (REBT) TEKNIK SELF MANAGEMENT. Universitas Pancasakti Tegal.

[thumbnail of Peer Review_Hartanto_Nomophobia.pdf] Text
Peer Review_Hartanto_Nomophobia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang upaya mengurangi nomophobia melalui konseling kelompok dengan pendekatan rational emotif behaviour therapy (REBT) teknik self management. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat nomophobia siswa mengalami penurunan setelah layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotif behaviour therapy (REBT) teknik self management. Untuk mengurangi nomophobia siswa guru BK akan melaksanakan tindak lanjut mengenai konseling kelompok pendekatan rational emotif behaviour therapy (REBT) teknik self management, terutama pada aspek tidak dapat informasi karena pada aspek tersebut mengalami penurunan paling sedikit dibandingkan aspek yang lain. Bagi peneliti lain apabila menggunakan variabel nomophobia lebih difokuskan pada aspek tidak dapat informasi karena aspek tersebut mengalami penuruna yang paling sedikit. Hal tersebut karena banyak siswa yang menganggap bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting dan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. Dody Hartanto
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:05
Last Modified: 30 Aug 2022 03:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36589

Actions (login required)

View Item View Item