Sri Roviana, Dr. and Yusron Masduki, Dr. and M.Ag, Parjiman (2022) MULTIKULTURALISM DALAM PENDIDIKAN TINGGI: PRAKTEK MULTIKULTURALISME DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH. [Artikel Dosen] (Submitted)
Text
MULTIKULTURALISM-SRI ROVIANA.pdf Download (216kB) |
Abstract
Keragaman SARA sekan-akan hanya men ciptakan konflik sosial yang berkepanjangan. SARA hanya menjadi kepentingan politik rezim kekuasaan. Bahkan, SARA juga menjadi semacam kepa njangan tangan politisi yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah, Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden. SARA dipahami sangat sempit hanya dalam ranah politik, yang meningkatkan identitas etnis, agama dan budaya masyarakat. SARA tidak dikelola sebagai kekuatan sosial yang memungkinkan terjadinya mutual understanding di antara warga negara yang beragam. Praktek Pendidikan multicultural diharapkan mampu menciptakan kondisi yang lebih baik dalam membangun mutual understanding atas adanya keragaman SARA yang terjadi di perguruan tinggi (termasuk PTM). Teori dalam penelitian ini adalah teori multikulturalisme yang mengkaitkan antara pemahaman, sikap dan perilaku atas keragaman etnis, agama dan budaya. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kualitatif dengan cara mengambil data dari kajian literatur, observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Kata kunci: Multiculturalism, SARA, Pendidikan, Muhammadiyah
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Additional Information: | Proses artikel sudah submit, dalam pengerjaan prof read redaksi/chief editor |
Keyword: | Dr. Yusutria (dosen Pendamping) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | Dr Sri Roviana |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 03:23 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 03:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36637 |
Actions (login required)
View Item |