PEERREVIEW-Literature Review: Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Merokok pada Remaja

Azhar, Salsabiil Bhatari and Handayani, Lina (2021) PEERREVIEW-Literature Review: Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Merokok pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PERREVIEW Hubungan Antara Konsep Diri.pdf] Text
PERREVIEW Hubungan Antara Konsep Diri.pdf

Download (394kB)

Abstract

Perilaku merokok pada remaja adalah perilaku yang buruk dan memberikan dampak negatif. Sebanyak 34,7% remaja di Indonesia yang berusia diatas 10 tahun adalah seorang perokok. Tujuan studi literatur ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan gambaran mengenai keterkaitan konsep diri dengan perilaku merokok agar dapat menjadi sebuah acuan untuk mencari solusi tindakan yang tepat guna mencegah dan mengatasi perilaku merokok pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Literature berupa publikasi yang dikumpulkan dari Google Scholar dan Portal Garuda dalam rentang tahun 2011-2021. Kata kunci yang digunakan adalah “perilaku merokok”, “konsep diri remaja”, “konsep diri dan perilaku merokok”. Dari kata kunci diperoleh 30 artikel yang kemudian di skrining menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi secara lebih detail, diperoleh 5 artikel untuk direview. Hasil review mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri yang rendah dengan perilaku merokok yang tinggi. Semakin rendah konsep diri pada remaja maka semakin tinggi perilaku merokoknya. Hal tersebut disebabkan karena konsep diri yang rendah menyebabkan remaja mudah terpengaruh sekitar.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisi / Prodi: Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat)
Depositing User: M.Kes.Ph.D Lina Handayani
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:48
Last Modified: 02 Sep 2022 03:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36670

Actions (login required)

View Item View Item