Maruti, Endang Sri (2016) KURIKULUM PENDIDIKAN NASIONAL: MENUJU PENDIDIKANKEBHINEKAAN YANG MULTIBUDAYA. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 39-44. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1
Text
Endang_IKIP PGRI.pdf Download (344kB) |
Abstract
Upaya untuk mengatasi masalah rendahnya mutu pendidikan di Indonesia sudah banyak dilakukan, dan upaya pokoknya adalah pada pembaruan kurikulum. Sebagai usaha terencana, pembaruan kurikulum tentulah didasari oleh alasan yang jelas dan substantif serta mengarah pada terwujudnya sosok kurikulum yang lebih baik. Hal itu juga diharapkan ada pada kuriku- lum terbaru dengan beranekaragam nama, yakni Kurikulum Nasional, kurikulum berbasis daerah masing-masing, dan kurikulum sekolah. Diversifikasi kurikulum ini sejalan dengan pasal 36 dan
37 UU 20/2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan proses desentralisasi pendidikan yang melibatkan peran serta masyarakat mengisyaratkan pengakuan terhadap manusia Indonesia dan masyarakat setempat. Dengan sendirinya paradigma baru pun mulai mengacu pada pendidi- kan kebhinekaan yaitu mengakui adanya kebudayaan beragam dalam suatu masyarakat yang tetap dalam kesatuan ”Bhineka Tunggal Ika”.
Kata kunci: kurikulum, pendidikan nasional, pendidikan kebhinekaan, multibudaya.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 17 Sep 2016 05:23 |
Last Modified: | 17 Sep 2016 05:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3668 |
Actions (login required)
View Item |