TV COMMERCIAL: STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, MENYENANGKAN, DAN BERKARAKTER

Rahmawati, Fitri Puji (2016) TV COMMERCIAL: STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, MENYENANGKAN, DAN BERKARAKTER. Prosiding Seminar Nasional "Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia". pp. 572-575. ISSN - ISBN :978-6027-0296-5-1

[thumbnail of Fitri Puji_UMS.pdf] Text
Fitri Puji_UMS.pdf

Download (327kB)

Abstract

Karakter merupakan nilai-nilai universal perilaku manusia yang meliputi seluruh aktivitas kehidupan, baik yang berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, maupun dengan lingkungan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat. Pendidikan sebagai upaya sadar dan terencanan untuk mengubah individu dari yang tidak tahu menjadi tahu harus dilakukan den- gan proses pembimbingan dan pembelajaran yang nyata. TV Commercial merupakan salah satu jenis strategi dalam active learning.TV Commercial dapat diterapkan di seluruh mata pelajaran dan jenjang pendidikan. Strategi ini menjadikan peserta didik aktif untuk menggali bahasa yang unik namun tepat sasaran; menyenangkan karena dibuat secara tim sehingga terbangun tim yang kompak dan saling membantu; strategi ini secara langsung meningkatkan nilai karakter kreatif, komunikatif, saling membantu, dan toleransi peserta didik. TV Commercial adalah metode pem- belajaran dalam active learning dengan cara mengemas materi pelajaran sesulit apapun menjadi bahasa iklan komersial semudah mungkin.

Kata kunci: karakter, tv komersial

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 17 Sep 2016 05:23
Last Modified: 17 Sep 2016 05:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item