Etnobotani Tradisi Kuthomoro Yogyakarta

Kusumo, Hendro and Dwi Handayani, Nida and Fitria, Ayu Etnobotani Tradisi Kuthomoro Yogyakarta. [Artikel Dosen] (Submitted)

[thumbnail of Naskah Publikasi Kuthomoro Hendro Kusumo.doc] Text
Naskah Publikasi Kuthomoro Hendro Kusumo.doc

Download (1MB)

Abstract

Etnobotani merupakan ilmu yang mengkaji tentang tumbuhan dari sudut pandang penduduk lokal yang masih memegang tradisi secara turun-temurun. Tradisi kuthomoro pada hakekatnya mengirim doa menjelang bulan ruwah untuk para leluhur oleh Karaton Yogyakarta.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan dan makna simbolik yang digunakan dalam Tradisi Kuthomoro di Makam Giriloyo & Makam Imogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Abdi Dalem Juru Kunci. Objek dalam penelitian ini ialah uborampe bunga dan sajian pada tradisi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumen. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan daftar dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan terdapat 44 jenis tumbuhan yang digunakan pada uborampe bunga dan sajian dalam tradisi di Makam Giriloyo dan 50 jenis tumbuhan di Makam Imogiri. Bagian tumbuhan yang digunakan adalah bunga, daun, batang, rimpang, biji dan umbi. Pemanfaatan tumbuhan diantaranya sebagai bahan segar, bahan bumbu, olahan makanan dan minuman serta sebagai hiasan. Beberapa bagian tumbuhan dan olahan makanan di Makam Imogiri memiliki makna simbolis mengenai penghormatan kepada leluhur, makna kehidupan, dan kematian serta keeratan hubungan keluarga, sedangkan pada Makam Giriloyo ialah sebuah doa dan harapan baik semoga kesalahan para leluhur dimaafkan dan diberi tempat yang lebih baik oleh Allah SWT.

Kata kunci: Etnobotani, Kuthomoro,

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi)
Depositing User: hendro kusumo
Date Deposited: 07 Sep 2022 10:24
Last Modified: 07 Sep 2022 10:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36762

Actions (login required)

View Item View Item