Hasil Pemeriksaan Kemiripan "Implementasi Metode Experiential Learninguntuk Mengoptimalkan Keterampilan Mahasiswa dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini"

Rohmadheny, Prima Suci and Hastuti, Dwi and Nuraini, Febritesna (2019) Hasil Pemeriksaan Kemiripan "Implementasi Metode Experiential Learninguntuk Mengoptimalkan Keterampilan Mahasiswa dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini". Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1).

[thumbnail of HASIL CEK_JURNAL 6.pdf] Text
HASIL CEK_JURNAL 6.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penguasaan keterampilan mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran bagi anak usia dini, karena keberhasilan capaian pembelajaran diawali dengan keberhasilan dalam merencanakannya. Selama ini merancang lesson planmenjadi salah satu kesulitan baik yang sudah menjadi guru maupun yang masih sebagai calon guru PAUD, oleh sebab itu mereka perlu mengalami sendiri agar memiliki penguasaan keterampilan yang baik. Penelitian yang melibatkan subjek sebanyak 27 mahasiswa calon guru PAUD ini dilakukan dengan metode penelitian action research model Kemmis&Taggart. Data dikumpulkan melalui hasil observasi proses pembelajaran, penilaian hasil karya mahasiswa, dan wawancara tak terstrutur. Kemudian dilakukan analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif dan data kualitatif dengan model analisis miles & hubberman. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus pertama dilakukan sebanyak 10 pertemuan dan siklus kedua sebanyak 4 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan penguasaan keterampilan mahasiswa mengalami perkembangan yang signifikan, mahasiswa juga mengakui bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dengan metode experiential learningmenjadikan mahasiswa lebih antusias, semangat, dan bergembira karena mengalami langsung proses perancangannya tahap demi tahap hingga menghasilkan lesson planyang tepat dan sesuai. Dengan demikian, metode experiential learning direkomendasikan untuk dapat digunakan sebagai variasi metode pembelajaran yang efektif bagi mahasiswa.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Prima Suci Rohmadheny
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:16
Last Modified: 19 Sep 2022 03:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/36961

Actions (login required)

View Item View Item