PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SMK INDONESIA YOGYAKARTA

Irfa'i, Muhammad (2022) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SMK INDONESIA YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_KP_1800018400.pdf] Text
JUDUL_KP_1800018400.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_KP_1800018400.pdf] Text
ISI LAPORAN_KP_1800018400.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini sangat tidak bisa dilepaskan. Keadaan tersebut menjadikan segala hal terkait dengan informasi baik itu yang positif maupun negatif dapat diperoleh secara cepat, tepat dan akurat mengingat semakin canggihnya kemajuan teknologi saat ini. Peningkatan teknologi yang terjadi menjadikan banyak sekali orang menggunakannya, tidak ketinggalan institusi pendidikan pun menggunakan teknologi tersebut untuk membantu dalam operasional berjalannya institusi tersebut. Dengan begitu banyaknya institusi pendidikan yang menggunakan sistem yang terkomputerisasi dalam mengolah datanya, salah satunya adalah dalam pengelolaan data dalam bidang akademik.
Pengelolaan bidang akademik menjadi permasalahan yang sangat kompleks apabila hanya ditangani secara manual. Pengelolaan akademik akan menjadi lebih efektif dan efisien jika menggunakan komputer sebagai alat bantu. Oleh sebab itu, dalam sekolah tersebut diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat mengolah data yang berhubungan dengan kegiatan akademik. Sistem informasi ini sering disebut sebagai Sistem Informasi Akademik (SIA). SIA harus mampu memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang berhubungan dengan proses akademik di sekolah SMK Indonesia Yogyakarta.
Peranan komputer sebagai alat bantu yang dapat mengalirkan informasi di lingkungan sekolah akademik (sekolah, guru dan murid), di mana selama ini guru dan murid jika ingin mendapatkan informasi penjadwalan mata pelajaran harus dengan bertanya langsung kepada unit terkait sehingga terkadang informasi yang dihasilkan hanya berupa perkiraan dan kurang akurat, tak hanya itu saja sering terdapat data yang tidak konsisten dan aplikasi yang sering digunakan oleh pengelolaan data tidak dapat melakukan validasi kerangkapan data sehingga terjadi redudansi data, bahkan lebih mengkhawatirkan dapat kehilangan suatu data dari dokumen-dokumen penting dalam suatu kegiatan akademik.
SIA adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan pendataan serta proses pengelolaan data yang baik, rapi dan terorganisir. SIA ini ditujukan untuk mempermudah setiap pendataan penjadwalan mata pelajaran dari informasi yang diperlukan. Sehingga, dalam permintaan informasi penjadwalan mata pelajaran di SMK Indonesia Yogyakarta dapat lebih efisien dan optimal. SIA menggunakan metode pendataan dan pengelolaan data seperti data siswa, guru, admin, hari, waktu, mata pelajaran, penjadwal mata pelajaran, kelas, jurusan dan tahun ajar secara komputerisasi yang disimpan dalam database akademik. Dalam hal ini, dimaksudkan agar mempermudahkan dalam proses pembagian penjadwalan mata pelajaran yang terkait dengan kegiatan akademik. Sistem komputerisasi juga dapat memudahkan dalam menambahkan data yang baru seperti data siswa, guru, kelas, mata pelajaran dan jurusan serta hasilnya juga langsung dapat ditampilkan secara otomatis, akurat dan terperinci.

Item Type: Laporan KP
Additional Information: Kerja Praktik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Muhammad Irfa'i
Date Deposited: 15 Oct 2022 02:53
Last Modified: 15 Oct 2022 02:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37284

Actions (login required)

View Item View Item