Hidayah, Nur and Satianawati, Satianawati (2015) KOMPETENSI PENDIDIK SD. Seminar Nasional "Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak melalui Literasi". pp. 509-513. ISSN - ISBN 978-602-98647-4-8
Text
BU NUR.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia terus dilakukan. Proses peningkatan sumber daya manusia dan kompetensi setiap orang ditingkatkan melalui program pendidikan. Program pendidikan yang terangkum dalam kurikulum dan kemudian diimplementasikan melalui proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan adanya tingkat kepedulian pemerintah terhadap mutu dan kualitas pendidikan Indonesia. Pendidikan di Indonesia yang dimulai dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Ketiga jenjang ini masing-masing memiliki ciri khas tersendiri baik dalam sistem maupun teknis pelaksanaannya. Berdasarkan hal tersebut kompetensi pendidik terutama di SD sebagai jenjang pendidikan dasar yang harus dimiliki oleh guru-guru SD perlu ditingkatkan. Peningkatan kompetensi tersebut dikaitkan dalam lima pokok kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi penguasaan IPTEK. Kelima kompetensi ini mutlak dimiliki oleh pendidik sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan output pembelajaran maka diperlukan pendidik SD yang memiliki kompetensi tersebut.
Kata kunci: anak SD dan kompetensi Pendidik SD
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Prodi PGSD |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 03:00 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3731 |
Actions (login required)
View Item |