REDESAIN SISTEM PENDIDIKAN GURU DI LPTK PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH

Susilo, M. Joko and Aprilia, Nani and Hidayah, Nur (2012) REDESAIN SISTEM PENDIDIKAN GURU DI LPTK PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH. Seminar Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) "Redesain Sistem dan Desentralisasi Pendidikan".

[thumbnail of PROCIDING SEMINAR NASIONAL.pdf]
Preview
Text
PROCIDING SEMINAR NASIONAL.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Banyaknya sekolah yang didirikan oleh Muhammadiyah berimplikasi pada banyaknya kebutuhan akan tenaga pendidik untuk sekolah-sekolah Muhammadiyah.. Untuk itu itu, lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sangat memegang peranan untuk menghasilkan guru-guru yang akan melanjutkan estafet dalam membangun peradaban bangsa melalui jalur pendidikan Realitas dilapangan LPTK di PTM dalam proses pendidikan guru sangat jauh dari harapan untuk mencentak guru yang profesional. Implementasi proses pendidikan guru dengan pendekatan sistem kredit semester (SKS) lebih kepada pengguguran matakuliah sehingga terkesan digarap asal-asalan. Hal itu, sangat kentara di LPTK di PTM, sehingga banyak keluhan dan complain yang ditujukan pada LPTK di PTM dari pihak sekolah-sekolah mitra yang digunakan untuk pelaksanaan latihan praktik keguruan. Jika dianalisis lebih mendalam, maka proses penyiapan calon guru secara inti keilmuan ada di program studi masingmasing, dan tentunya perlu dilakukan cek and ricek siapa yang memproses mahasiswa calon guru tersebut, termasuk didalamnya kualifikasi dan kompetensi dosen yang memproses mahasiswa calon guru tersebut. Proses redesain pendidikan guru di LPTK di PTM dapat dilakukan dengan:1) mengembalikan pada Filosofis Pendidikan Muhammadiyah, yang mencakup aspek ontologis, espistimologis, dan aksiologis. 2) menata ulang visi, misi, dan tujuan LPTK-PTM yang disesuaikan dengan kultur/budaya, sosiologis, karakter, dan potensi PTM masing-masing. 3) Pengembangan Renstra (rencana strategis) untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan suatu LPTK Muhammadiyah yang dapat dijadikan sebagai arah pengembangan lembaga untuk mewujudkan tatanan moral yang menjadi landasan kuat dalam pendidikan di Muhammadiyah. 4) Komitmen bersama, yang diawali dari komitmen pimpinan PTM untuk mendukung berjalannya kegiatan fastabiqul khoirot dilingkungan PTM.

Kata-kata kunci: Redesain, Pendidikan Guru, LPTK-PTM

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:00
Last Modified: 26 Sep 2016 03:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item