Katalisis dalam Industri Kimia

Suharto, Totok Eka (2022) Katalisis dalam Industri Kimia. UAD Press, Yogyakarta. ISBN 978-623-5635-56-9

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Buku Katalisis dalam Industri Kimia-TotokES-UADPress22.pdf] Text
Buku Katalisis dalam Industri Kimia-TotokES-UADPress22.pdf

Download (2MB)

Abstract

Katalisis merupakan sebuah bidang spesial dalam sains dan teknik kimia. Sejak lebih dari seabad yang lalu katalis telah digunakan dalam industri kimia. Lebih dari 80% proses industri kimia berlangsung dengan bantuan katalis. Namun baru sejak tahun 1970 katalis mencuat dalam wacana publik, terutama karena adanya gerakan peduli lingkungan. Saat
ini katalis gas buangan kendaraan bermotor dikenal secara luas dan berkembang pesat. Secara umum, proses katalisis terdiri atas katalsis homogen dan katalisis heterogen; masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Mengingat cakupan yang luas dua jenis katalisis tersebut, isi buku ini sengaja dibatasi pada katalisis heterogen. Sembilan bab dalam buku inimencakup konsep dasar dan pentingnya katalis, kinetika dan mekanisme katalisis heterogen, aspek energetik, interaksi katalis-pengemban-aditif,pembuatan katalis, deaktivasi dan regenerasi katalis, katalis heterogen dalam industri, tipe reaktor katalisis, serta pengembangan dan pengujian katalis. Isi buku ini dikumpulkan dari berbagai literatur, pengalaman riset, dan pengampuan mata kuliah bidang kimia katalisis.
Di dunia akademik kimia katalisis merupakan mata kuliah yang penting dipelajari oleh para mahasiswa. Saat ini telah tersedia beberapa buku referensi dan jurnal internasional berisi topik katalisis. Namun, di samping buku ajar dan jurnal ilmiah katalisis cukup langka diperoleh di Indonesia, kebanyakan mahasiswa juga mengalami kesulitan mempelajari
literatur dalam bahasa asing. Buku ini diharapkan dapat ikut memperkaya literatur dalam bidang kimia katalisis.
Para mahasiswa program studi kimia, teknik kimia, dan teknik lingkungan dapat belajar dasar-dasar penting teknologi katalisis industri dari buku ini dengan lebih mandiri dan mudah. Para praktisi industri kimia juga disarankan membaca buku ini untuk menambah wawasan dalam riset dan pengembangan produk. Buku ini juga layak dibaca oleh siapapun yang peduli terhadap pengembangan industri kimia, perlindungan ingkungan, dan penemuan bahan energi terbarukan.
Penghargaan dan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu perwujudan buku ini. Terima kasih kepada kolega dosen dan staf pada Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan yang menyediakan fasilitas dan suasana kondusif dalam proses penulisan. Secara khusus buku ini saya dedikasikan kepada istri dan anak-anak saya, Tri Suti, Danang, Ika, Dini, dan
Dimas, yang dengan penuh pengertian telah rela kehilangan waktu untuk kebersamaan dalam keluarga selama penulisan buku ini. Kepada penerbit UAD Press saya ucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dalam penerbitan buku ini.

Item Type: Book
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S2-Chemical Engineering(S2-Teknik Kimia)
Depositing User: Totok Eka Suharto
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:09
Last Modified: 18 Mar 2024 04:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37407

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item