Similarity Efek Samping Hipoglikemi yang Dialami oleh Pasien Geriatri yang Berisiko Sindrom Metabolik

Ayu Natalia, Ditya and Surono, Sugiyarto and Darmawan, Endang (2022) Similarity Efek Samping Hipoglikemi yang Dialami oleh Pasien Geriatri yang Berisiko Sindrom Metabolik. Jurnal Sains dan Kesehatan, 4 (4). ISSN e-ISSN 2407-6082, p-ISSN 2303-0267)

[thumbnail of HASIL CEK_Efek Samping Hipoglikemi.pdf] Text
HASIL CEK_Efek Samping Hipoglikemi.pdf

Download (1MB)

Abstract

AbstrakSindrom metabolik adalahkumpulan gejala kelainan metabolik tubuh yang dapat berhubungan dengan berbagai macam penyakit. Tujuanpenelitian untuk melihat adanya hubungan karakteristikdarirespondenterhadapkondisi klinis (parametertekanan darah, glukosa darah, kolesterol dan trigliserida) dan melihat obat yang sering digunakan. Penelitian ini merupakan studi retrospektifdari 3 rumah sakit di Yogyakarta. Jumlah responden penelitian yaitu 101pasien geriatri yang berisiko sindrom metabolikdan mengalami efek samping hipoglikemi. Data dikumpulkan menggunakan data rekam medik.Analisis data karakteristik responden dan golongan obat dilakukan secara deskriptifdan chi-square. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas pasien geriatri yang berisiko mengalami sindrom metabolik adalah perempuan (52,38%)denganindeks massa tubuh normal (71,43%). Riwayat penyakit yang lebih banyak di alami oleh pasien geriatri yang berisiko mengalami sindrom metabolik adalah diabetes mellitus dan hipertensi (60,95%) dan pasien tidak mengalami komplikasi (67,62%). Riwayat penyakit berkorelasi dengan keadaan klinis pasien khususnya kadar kolesterol dan trigliserida (p<0,05). Selain itu, komplikasi berkorelasi juga dengan nilai tekanan darah (p<0,05). Golongan obat yang paling sering digunakan pasien geriatri yang berisiko sindrom metabolik adalah antihipertensi angiotensin receptorblocker(76,19%), antidiabetes insulin (50,48%) dan antidislipidemia statin (41,90%).

Item Type: Artikel Umum
Additional Information: Sindrom metabolik, Hipoglikemi, Rumah sakit, YogyakartaJurnal Sains dan Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Dr Sugiyarto Surono
Date Deposited: 05 Nov 2022 03:00
Last Modified: 05 Nov 2022 03:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37442

Actions (login required)

View Item View Item