Konstruksi Brace Dua Sisi Dengan Menggunakan Ring Jacobson

Prasetyo, Puguh Wahyu and Melati, Catur Yustika (2020) Konstruksi Brace Dua Sisi Dengan Menggunakan Ring Jacobson. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 17 (2). pp. 123-137. ISSN 2579-8936

[thumbnail of Hasil Cek Similarity] Other (Hasil Cek Similarity)
Konstruksi Brace Dua Sisi Dengan Menggunakan Ring Jacobson-Turnitin.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bukti Korespondensi] Text (Bukti Korespondensi)
ilovepdf_merged (2).pdf - Other

Download (471kB)

Abstract

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan alam, matematika dan fisika merupakan ilmu-ilmu sains dasar yang merupakan fundamental bagi cabang ilmu yang lain. Dalam perkembangan ilmu Fisika seringkali juga memotivasi adanya temuan-temuan baru dalam ilmu matematika khususnya aljabar. Di lain pihak, banyak permasalahan dalam fisika teoritis dapat diselesaikan melalui pendekatan aljabar. Dalam kesempatan ini, salah satu bukti hubungan antara fisika dan matematika (khususnya aljabar) diberikan. Pada tahun 1967 suatu persamaan fundamental dalam Ilmu fisika ditemukan oleh penerima hadiah Nobel C. N. Yang. Dalam kurun waktu yang sama, persamaan ini juga diklaim ditemukan oleh R. J. Baxter. Oleh sebab itu, persamaan fundamental ini disebut dengan persamaan Yang-Baxter. Faktanya, persamaan Yang-Baxter ini mempunyai dampak besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan, salah satunya adalah dalam Teori Knot. Akan tetapi solusi analitik dari persamaan ini belum ditemukan hingga saat ini. Hal ini memotivasi para peneliti untuk menemukan solusinya baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Beberapa solusi pendekatan kualitatif telah ditemukan dengan menggunakan pendakatan struktur aljabar yang disebut dengan brace. Dalam paper ini, deskripsi tentang brace diberikan sebagai suatu perumuman dari radikal Jacobson dari suatu ring. Konstruksi brace dua sisi juga diberikan dalam artikel ini.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: puguh prasetyo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:03
Last Modified: 18 Nov 2022 02:03
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37547

Actions (login required)

View Item View Item