KESALAHAN KESALAHAN MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS OLEH PEMBELAJAR INDONESIA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS

Maftukhin, Maftukhin (2022) KESALAHAN KESALAHAN MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS OLEH PEMBELAJAR INDONESIA DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS. Uwais Inspirasi Indonesia. ISBN 978-623-227-768-7

[thumbnail of KESALAHAN KESALAHAN MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS (Komplet ISBN).pdf] Text
KESALAHAN KESALAHAN MORFOLOGIS DAN SINTAKSIS (Komplet ISBN).pdf

Download (783kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Kesalahan Morfologis dan Sintaksis Bahasa Inggris Mahasiswa Semester 4 Program Studi Sastra Inggris Tahun Akademik 2012-2013” ini adalah penelitian deskriptif kualitatif . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan kesalahan berbahasa di bidang morfologi dan sintaksis.
Data penelitian ini adalah kalimat kalimat berbahasa Inggris yang dibuat oleh mahasiswa semester 4 program studi Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan tahun akademik 2013-2014 pada ujian akhir mata kuliah “Menulis Essay”. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak dengan teknik dasar berupa teknik sadap dan teknik lanjutannya, teknik catat. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kesalahan yang dibuat oleh mahasiswa di bidang morfologi dan sintaksis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesalahan kesalahan di bidang morfologi adalah kesalahan penghilangan sufiks yang seharusnya ada dan penambahan sufiks yang seharusya tidak ada. Kesalahan di bidang sintaksis adalah kesalahan frasa yang berupa kesalahan frasa benda dan frasa preposisi, kesalahan klausa yang berupa kesalahan klausa benda, klausa ajektiva dan klausa adverbia, dan kesalahan kalimat yang berupa kesalahan ketidak sesuaian antara subjek dan predikat, kesalahan penggunaan kata kerja bantu, kesalahan kata depan dan kata sambung dan kesalahan pembentukan kalimat aktif dan pasif.

Item Type: Book
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-English Letters(S1-Sastra Inggris)
Depositing User: maftukhin maftukhin
Date Deposited: 26 Nov 2022 03:22
Last Modified: 26 Nov 2022 03:22
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37627

Actions (login required)

View Item View Item