POTRET SOSIOLINGUISTIK PADA PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI ALAT BRANDING DI D.I.YOGYAKARTA

Tur, Ajar Pradika Ananta and Maftukhin, Maftukhin (2017) POTRET SOSIOLINGUISTIK PADA PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI ALAT BRANDING DI D.I.YOGYAKARTA. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan AKHIR Penelitian 2017_Ajar Pradika & Maftukhin_PDP.pdf] Text
Laporan AKHIR Penelitian 2017_Ajar Pradika & Maftukhin_PDP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada Universitas Ahmad Dahlan dan secara umum untuk turut mengembangkan ilmu pengetahuan yang berbasis pada perkembangan bahasa dan masyarakat. Perubahan sistem sosial masyarakat begitu pesat sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi-informasi. Perubahan tersebut membawa dampak pada perubahan budaya atau pandangan hidup masyarakat yang bisa dipantau melalui penggunaan bahasa. Dewasa ini, masyarakat memandang bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, lebih memiliki harga jual daripada bahasa lokal dan pandangan tersebut didukung oleh beberapa faktor sosial dalam kajian Sosiolinguistik. Perubahan ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai alat branding yang mereka percayai lebih efektif dan efisien. Melihat fenomena tersebut, bagaimanakah perilaku masyarakat terhadap penggunaan bahasa Inggris sebagai alat branding dan perubahan sistem sosialnya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitiannya Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari 1 (satu) kota madya Yogyakarta dan 4 kabupaten, yakni Kabupaten Sleman, Kulon Progo, Bantul, dan Gunungkidul. Data diperoleh melalui proses rekaman menggunakan kamera digital. Data yang diambil berupa potret penggunaan bahasa Inggris sebagai alat branding dan rekaman wawancara dengan pelaku bisnis menggunakan strategi purposive sampling. Data tersebut kemudian dikategorisasikan sebelum dianalisis dengan sudut pandang deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan penggunaan bahasa Inggris sebagai alat branding dalam berbagai komponen seperti nama badan usaha, nama produk/layanan, slogan/jargon dan promosi dalam bentuk ortografi dan bunyi. Selain itu, alasan pemilihan bahasa oleh pelaku bisnis menunjukkan tren pasar bahwa bahasa Inggris memiliki nilai jual yang tinggi, trendi, dan mudah dikreasikan bentuk kebahasaannya.

Kata Kunci: bahasa Inggris, branding, bahasa dan masyarakat

Item Type: Other
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-Indonesian Letters (S1-Sastra Indonesia)
Depositing User: maftukhin maftukhin
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:50
Last Modified: 28 Nov 2022 01:50
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/37683

Actions (login required)

View Item View Item